meta

laptop, elektronika, aplikasi webcam, aplikasi komputer, aplikasi handphone, tips

Kamis, 17 Maret 2011

Lenovo ThinkPad Edge

Lenovo hadir dengan layar 11,6” yang di bekali dengan Procesor AMD Athlon II Neo K125 1,7GHz, menggunakan memory generasi baru yaitu DDR3 dengan kapasitas 1GB.
Kali ini seri Thinkpad datang dengan casing berwarna merah mengkilap masih rentan mengumpulkan jejak sidik jari pemegangnya. Dibandingkan model-model ThinkPad sebelumnya, jajaran terbaru Lenovo ThinkPad yang diberi nama Edge ini dirancang lebih simpel. Deretan LED di bagian depan misalnya, ditiadakan.

Namun fitur-fitur khas Lenovo ThinkPad tetap dipertahankan. Cara masuk dan tampilan BIOS-nya sama dengan ThinkPad classic. Sistem proteksi harddisk dari guncangan, Active Protection System, pun dipertahankan, seperti juga software khas Lenovo, ThinkVantage. Keyboard-nya juga tetap spill resistant. Trackpoint khas Lenovo pun hadir, bersama dengan touchpad yang lebar dan multi-gesture.

keyboard pada ThinkPad Edge ini terkesan bersih. Jika diperhatikan dengan seksama ada yang berbeda. Pertama, deretan tombol Fungsi (Fn) di bagian atas. Biasanya, tulisan F1, F2, dst yang diutamakan, alias ber-font besar.
Nah di sini tidak demikian. Justru icon fungsi yang ditonjolkan, dan diletakkan di bagian atas. Bahkan tiga fungsi tombol multimedia – Back, Play/Stop, Forward - sudah disertakan. Artinya, saat ingin memutar lagu kita tidak perlu lagi menekan kombinasi tombol Fn-F12 (misalnya). Cukup tekan tombol F12 itu saja. Lebih nyaman.

Kedua, tombol angka numerik yang biasanya bergabung di tombol U, I, O, J, K, L dan M ditiadakan. Karena itulah tombol-tombol keyboard ini terlihat lebih bersih. Kendati demikian, keyboard ini tetap empuk ditekan. “Persis seperti keyboard ThinkPad lainnya.”
Sisi belakang notebook ini bersih dari port apa pun. Namun sisi kiri dan kanannya ‘berisi’. Di sisi kiri, ada security lock, lubang sirkulasi udara, port VGA, port HDMI, port LAN (Gigabit Ethernet), dan satu port USB 2.0. Port yang bagian dalamnya berwarna kuning ini istimewa. “Bisa dipakai isi daya baterai perangkat USB seperti iPod dalam keadaan off. Namanya USB power-on,”
Port di sisi kanan Edge tidak sepadat sisi kiri. Di sisi kanan hanya terdapat dua port USB 2.0, jack speaker, dan slot 4-in-1 card reader.

Merasa ada yang masih kurang, misalnya port DVI? Silakan tambahkan ThinkPad USB Port Replicator with Digital Video yang dijual terpisah. Perlu optical drive? Lenovo menyediakannya secara opsional.
Secara keseluruhan, Lenovo ThinkPad Edge 11 nyaman dipakai. Ia tipis dan enteng bak netbook sehingga enak dibawa-bawa, tapi berkinerja di atas rata-rata netbook. Akan tambah menyenangkan andai Lenovo mengemaskan baterai berkapasitas di atas 2800mAh sehingga daya tahan baterainya lebih panjang.



Spesifikasi  Lenovo ThinkPad Edge 11
Prosesor
AMD Athlon II Neo K125 1,7GHz
Memori utama
1GB DDR3 PC3- 10700 (667 MHz)
Chipset
AMD 785GX
Kartu grafis
ATI Mobility Radeon HD4225 (256 MB)
Hard disk
160GB 5400RPM SATA-II (Hitachi HTS545016B9A300)
Fasilitas
Wi-Fi, VGA, LAN, HDMI, 3 USB, Webcam, 4-in-1 card reader
Layar monitor
11,6” 1366×768
Kartu suara
Conexant CX20582
Sistem operasi
Win7 Home Premium 32-bit
Baterai
Li-Ion 2800mAh 11, 1V 32Wh
Dimensi (plt)
28,4×18,9x (2,5 – 3,1) cm
Bobot
1,344kg
Situs Web
Garansi*
1 tahun (suku cadang dan ongkos kerja)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar